Tips Membuat Anak Tidak Jenuh #dirumahaja Saat Pandemi COVID-19

Pandemi infeksi virus corona atau COVID-19 membuat semua orang harus berdiam di rumah, mulai dari orangtua hingga anak-anak. Para orangtua pun memutar otak untuk mencari aktivitas anak yang menyenangkan dan antibosan, namun tetap memberikan manfaat untuk tumbuh kembang anak. Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan oleh orang tua agar anak tidak jenuh saat pandemi COVID-19.

  1. Setiap anak berbeda dalam merespon jenuh dalam situasi khusus seperti saat ini. Tanggapi reaksi anak dengan cara yang supportif dan beri mereka kasih sayang dan perhatian yang lebih.
  2. Jangan lupa untuk mendengarkan pendapat anak, ajak berbicara dan dialog. Jika memungkinkan, beri kesempatan pada anak untuk bermain dan bersantai.
  3. Tetap berada disamping anak, jika mereka harus berada dalam kondisi tidak boleh berinteraksi (dalam karantina), tetap jaga komunikasi dan selalu hibur mereka.
  4. Buatlah jadwal kegiatan rutinitas sehari-hari bersama anak dan untuk menghilangkan rasa jenuh buatlah sebuah kegiatan baru dan ajak anak bermain bersama.
  5. Certakan kepada anak-anak apa yang sebenarnya terjadi, jelaskan apa yang terjadi saat ini dan berikan mereka informasi yang jelas dan mudah dimengerti.


Anak-anak memang rentan bosan berada di rumah tanpa kegiatan, betapa tidak bila tiap harinya ia berada di sekolah dan berjumpa dengan teman-temannya. Saat seperti inilah peran orang tua sangat dituntut agar tidak membuat anak mengalami stress dan jenuh di rumah. Itulah beberapa tips yang bisa orang tua lakukan untuk membuat anak tidak jenuh selama pandemi COVID-19. Semoga bermanfaat.

Penulis: Imam Mukhlishin
Penyunting: Mellysa Anastasya
Penerjemah: Faye Simanjuntak